Wednesday, 7 November 2012

Bagian-bagian Modem ADSL

Sebelum melangkah ke bagian modifikasi, alangkah baiknya kita mengenal dahulu bagian-bagian dari modem ADSL TD-8817. Secara garis besar terdapat lima bagian utama, yaitu :
td-8817 pcb function detail
1. CPU yang terdiri atas prosesor/microcontroller. Pada modem TD-8817 bagian ini merupakan IC microcontroller TrendChip TC3162L2-LQ128G. Penulis menyebut IC ini sebagai microcontroller karena IC ini tidak hanya berisi sebuah prosesor namun juga fungsi lain seperti antarmuka USB, MAC 10/100 Mbit, UART, GPIO, EJTAG, ADSL2/2+ Engine, Memory Controller, Timers, INTC, PLL, AFE  Interface dan tentunya prosesor itu sendiri yaitu 32-bit RISC processor. Kemungkinan besar prosesor yang digunakan adalah prosesor MIPS 32-bit karena TD-8817 membeli lisensi prosesor dari MIPS.
2. Memori yang terdiri atas RAM dan FlashROM. Bagian ini berfungsi sebagai tempat menyimpan program modem (FlashROM) dan melaksanakan program serta penyimpanan data yang ditransfer pada jalur ADSL (RAM). RAM yang digunakan adalah tipe SDRAM ISSI IS42S16400B-7TL (kemungkinan sekitar 2 MB) dan FlashROM yang digunakan adalah KH29LV160CBTC-70G.
3. AFE, bagian ini adalah bagian yang menjembatani antara bagian baseband (prosesor dan pendukungnya) dengan saluran ADSL itu sendiri. Modulasi dan demodulasi dilakukan oleh bagian ini. Pada modem TD-8817 AFE disusun oleh IC TrendChip 3085S-TQ64-FPG.
4. Ethernet PHY, bagian ini berfungsi menjalankan layer 1 (layer fisik) pada OSI Layer yaitu mengontrol bit-bit yang dikirimkan dan diterima dari medium fisik (kabel ethernet/UTP). Pada modem ini IC IP101A-LF dari ICPlus berfungsi sebagai ethernet phy.
5. Power Supply. Bagian ini berfungsi memberikan daya pada keseluruhan sistem sehingga dapat bekerja. Terdiri dari rangkaian standar power supply yaitu Rectifier (Dioda) sebagai penyearah arus, Filter (Kapasitor dan Induktor) dan beberapa IC regulator tegangan untuk menyesuaikan kebutuhan tegangan pada rangkaian dan IC logika.
Tiga buah IC utama yaitu Microcontroller (TC3162L2), AFE (TC3085) dan Ethernet PHY (IP101A) menghamburkan daya paling banyak. Hal ini ditandai dengan adanya panas yang cukup besar pada saat modem beroperasi. Meskipun jalur pada PCB dimaksudkan untuk pendinginan, namun alangkah lebih baik jika pendingin khusus diterapkan pada ketiga IC tersebut. Tentunya hal yang ingin dicapai adalah kestabilan dan meminimalkan disconnect pada saat digunakan. Efek positif yang dapat dicapai lainnya adalah memperpanjang umur komponen pada modem.
Istilah :
CPU : Central Processing Unit
USB : Universal Serial Bus
MAC : Medium Acces Controller
UART : Universal Asynchronous Receiver Transmitter
GPIO : General Purpose Input Output
EJTAG : Enhanced Joint Action Test Group
INTC : Interrupt Controller
PLL : Phase Locked Loop
AFE : Analog Front End
RISC : Reduction Instruction Set Computer
MIPS : Million Instruction Per Second, nama perusahaan
RAM : Random Acces Memory
FlashROM : Flash Read Only Memory
OSI : Open System Interconnection
UTP : Unshielded Twisted Pair
IC : Integrated Circuit
Body dari IC AFE TC3085 terhubung secara langsung pada ground plane pada PCB bagian bawah. Hal ini dapat dilihat pada lubang (through hole) yang terdapat tepat di bawah IC tersebut. Pada bagian ground plane ini penulis menambahkah sebuah lempengan logam dengan cara menyoldernya di bawaah IC AFE tersebut. Hati-hati terhadap jalur lain. Jangan sampai menyentuh pada jalur lain selain ground plane karena tentunya dapat mengakibatkan short circuit. Efek terburuk dari short circuit adalah terbakarnya komponen pada PCB. Sekali lagi berhati-hatilah dalam menyolder. Teliti kembali pekerjaan anda.
ground plane under tc3085
soldered bottom heat sink
Sampai tahap ini pendingin bawah telah terpasang. Tahap berikut adalah pendingin pada bagian atas. Seperti tahap sebelumnya anda dapat menambahkan sirip pendingin berupa kepingan logam yang menempel pada ketiga IC tersebut yaitu CPU TC3162L2, AFE TC3085 dan ETH-PHY IP101A. Jika memungkinkan anda dapat menempelkan juga sirip pendingin pada IC memory meskipun menurut penulis hal tersebut tidak perlu karena tidak terlalu panas.
upper heat sink soldered
Sebelum menambahkan sirip pendingin, ada baiknya anda mengolesi ketiga IC (CPU-AFE-PHY) dengan silica grease atau pasta pendingin/pasta silika. Pasta ini juga umum digunakan pada prosesor dengan pendingin pada komputer. Dengan pasta ini, penyaluran panas dari badan IC ke sirip pendingin akan lebih efektif daripada tanpa menggunakan pasta.
upper heat sink with pasta
Pada sirip pendingin atas ini, anda dapat menyoldernya dengan komponen kristal yang ada di samping AFE dan CPU. Namun lebih disarankan untuk tidak melakukannya karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi kestabilan frekuensi kristal. Tetapi penulis tetap melakukannya karena pertimbangan kemudahan dan kemungkinan besar pergeseran frekuensi dapat diimbangi dengan error control mechanism pada software/hardware.
Tahap berikutnya adalah opsional. Anda dapat melakukannya jika mempunyai kipas kecil pendingin. Kipas ini dapat anda temukan pada VGA lama atau anda beli di toko komputer/elektronik. Beruntung penulis mendapatkan dengan heat sink sehingga dapat ditempelkan pada sirip pendingin yang telah dipasang. Untuk power supply kipas, anda dapat mengambil dari titik pada dioda rectifier di bagian belakang. Pastikan tegangan yang diberikan sesuai dengan kipas anda. Tidak masalah jika tegangan tidak benar-benar sesuai. Penulis menggunakan kipas 5 Volt tetapi tegangan yang ada sekitar 11 Volt dan jalan tanpa masalah. Hanya sedikit suara bising sebagai efeknya.
a nice look of modified td-8817 with fan
Setelah semuanya selesai, pasang kembali PCB ke casingnya dengan kedua sekrupnya. Kini modem siap untuk dijalankan kembali. Sekali lagi cek hasil modifikasi anda. Amati kembali apakah ada hal yang menyebabkan atau berpotensi short circuit. Berdasarkan pengalaman penulis, modem yang awalnya begitu panas ketika digunakan, kini suhu modem hanya mencapai level hangat. Ketika digunakan untuk koneksi internet, modem terasa lebih stabil tanpa adanya disconnect seperti yang penulis alami sebelumnya. Hingga saat ini, modem tidak pernah disconnect meskipun digunakan untuk mendownload file tanpa henti sekitar 3 jam pada kecepatan 800-900 kbps.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Mikrotik & Apk android - All Rights Reserved inovLy media online by inforZa